Minggu, 28 Februari 2010

GERBANG DASAR NOT DAN NAND

Tanggal 22 Febuari 2010 adalah pertemuan kedua Praktikum Sistem Digital. Kali ini kami belajar mengenai Gerbang Dasar NOT dan NAND. Praktikum kali ini dihadiri sekitar 20 anak. Pada pertemuan kali ini aku juga mendapat nilai keaktifan yang pertama kali dalam Praktikum Sistem Digital, karena minggu kemaren aku kalah cepet. Akhirnya pertemuan kedua yang dapat nilai, walau salah sedikit sih. Tapi gpp og, malah ini membuat aku jadi brusaha untuk lebih cermat lagi. Tak bisa dipungkiri kalau Praktikum Sistem Digital sangat membutuhkan ketelitian dan jangan cuma asal-asalan. Di sini kita akan membahas mengenai GERBANG DASAR NOT DAN NAND.

Gerbang dasar NOT dpt disebut juga sebagai gerbang pembalik. Gerbang NOT hanya mempunyai satu inputan dan satuoutputan. Gerbang NOT yaitu gerbang atau pintu yang outpunya akan berlogika berkebalikan dengan inputnya, artinya jika input berlogika 1 maka outputnya akan berlogika 0, sebaliknya jika input berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 1.
Sehingga didapat persamaan: Y = Ā
Tabel kebenaran gerbang NOT


Gerbang NAND adalah gabungan dari gerbang AND & gerbang NOT. Shingga output dari gerbang NAND merupakan komplemen dari output gerbang AND. Gerbang AND adalah gerbang dasar digital yang kerjanya sama dengan 2 atau lebih saklar yang diseri. Nilai logika output akan berlogika 1, jika semua input berlogika 1 ( lampu akan menyala jika semua saklar yang disambung secara seri ditutup).
Sehingga didapat persamaan: Y = A • B




Praktikum kali ini juga masih mengguanakan peralatan digital trainer NX-4 Plus dan juga menggunakan IC. IC yang kita gunakan dalam praktikum kali ini adalah:
  1. IC 7404
  2. IC 7400


Latihan:




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar